Widget HTML Atas

Cara Gila Belajar Bahasa Jepang (Part 2)

Interpreter Gadungan - Setelah sebelumnya kita mengetahui kenapa level Bahasa Jepang kita nggak naik naik di Cara Gila belajar Bahasa Jepang, kini kita akan sedikit membahas cara gila belajar bahasa Jepang part 2. Di artikel ini akan dibahas cara cara yang digunakan untuk mempelajarinya. Seperti apa cara cara yang disarankan oleh I Will Teach You a Language dalam memahami bahasa Jepang.

Cara Gila Belajar Bahasa Jepang (Part 2)

Alasan kenapa bahasa Jepang kita nggak pernah naik kelas adalah kurangnya motivasi, basic bahasa Jepang yang kurang dan nggak dekat dengan Allah. Jika beberapa bagian di atas diperhatikan dan diatasi, Maka insya Allah bahasa Jepangmu akan naik. Aku juga akan berusaha mempraktekkan cara gila belajar bahasa Jepang ini agar level bahasa Jepang aku naik. Siapa tahu dapat lulus JLPT N1. Amin. Ya meskipun sekarang baru lulus JLPT N3 rasa JLPT N4 atau N5. Haha.

Beberapa cara gila yang ada di artikel mungkin nggak akan masuk diakal, tapi sesuatu yang nggak masuk akal terkadang masuk ke akal kita. Hehehe. Bingung kan? Kayak agama aja. Nggak semua penjelasan yang ada di Alquran bisa kita pahami dengan otak kita yang nggak seberapa, tapi kita cukup mengimaninya aja.

Lalu, cara gila yang dimaksud di website I Will teach You a Language apa ya?

1. Dengarkan bahasa Jepang selama 18 bulan untuk 10.000 jam

Jika kamu menyakan buat apa? Ini adalah untuk pembiasaan. Kita dibuat seolah bayi yang mendengarkan semua suara yang ada di sekitar kita dari orang tua, keluarga, dan tetangga. Mengerti atau tidak, kita diminta untuk mendengarkannya. Kamu bisa mendengarkan film, lagu, atau podcast favorit.

Cara ini sebenarnya aku lakukan, tapi ya masih mikir mikir gitu. Harusnya dengarkan apa aja. Biarkan semua kosakata yang ada tertanam di otak bawah sadar kita.

Baca juga: Download Minna no nihongo edisi kedua

2. Dapatkan berita harian di sumber berbahasa Jepang

Kamu bisa membuka berita yang mudah dipelajari di NHK News Web Easy Berita yang ada di web NHK sangat mudah dipahami bagi pembelajar awal sampai advance. Beritanya yang ditulis dengan tulisan bahasa Jepang: Hiragana, Katakana dan Kanji sangat memudahkan bagi pembelajar untuk dipelajari. Salah satu hal unik yang bagus untuk pembelajar adalah adanya furigana: cara baca atau tulisan hiragana atau katakana yang menyertai Kanji. Dengan adanya furigana, membaca bukan lagi hal yang susah, meskipun dengan tulisan kanji.

Biasanya, dibagian bawah juga ada definisi suatu kata ayau kalimat, jadi mempermudah pembelajar untuk mengerti isi artikel.
Cara Gila Belajar Bahasa Jepang (Part 2)

3. Jangan pergi ke sekolah

Seberapa banyak atau lama kamu duduk di bangku sekolah nggak menandakan bahwa kamu akan jago berbahasa Jepang. Pembelajar mempunyai akses luar biasa mudah dan cepat dengan adanya internet. Mereka bisa mendapatkan guru terbaik di jalanan dengan trial dan error nya. Ingat, practice make perfect. 

4. Hindari Kanji

Memang benar jika kamu ingin mempelajari bahasa Jepang, maka hal yang perlu dipelajari harus secara keseluruhan atau komprehensif. Tapi, nggak belajar Kanji juga tetap bisa membuatmu jago berbahasa Jepang lho. Nggak percaya? Lihat saja orang tua atau nenek kakek kita yang pandai berbahasa Jawa misalnya, tapi nggak bisa menulis dengan huruf Jawa. Tapi, bukan berarti kita nggak akan belajar ya. Pelajarilah kanji karena jika kamu bisa Kanji, maka kesempatan mendapatkan sumber bacaan yang bergizi bisa kamu dapatkan.

5. Bicara setiap hari

Kamu bisa mempraktekkan bahasa Jepang dnegan berbicara langsung dengan nativenya. Bisa melalui aplikasi berbayar atau kamu bisa berteman dengan orang lain yang belajar bahasa Jepang atau orang Jepangnya langsung. Kamu bisa berteman di facebook, line whatsapp dan aplikasi lain.

Baca Juga:

6. Nikmati proses belajarmu

Nggak ada gunanya jika kamu nggak menikmati suatu proses pembelajaran bahasa Jepang. Kamu justru akan tertekan dan target mempelajari bahasa Jepang jadi kendor. Jika kamu lemah di motivasimu, maka kuatkanlah kelemahan tersebut agar kamu merasa butuh untuk bisa. Hehe.

7. Bersantai dengan Bahasa Jepang

Ketika kamu telah belajar sungguh sungguh, saatnya kamu bersantai. Tapi, bersantai juga bukan berarti nggak belajar sama sekali. Kamu bisa bersantai dengan materi bahasa Jepang yang lebih santai seperti nonton dorama Jepang secara online.

8. Hindari terlalu capek

Jika kamu capek, maka ilmu yang masuk akan cepat hilang. Jika kamu merasa capek, maka kamu harus istirahat dengan cara menonton anime yang kamu suka. Bisa menonton Lets learn Japanese bagi pemula: bagi level tinggi bisa menonton Erin's Challenge dan untuk semua orang : Understand Your Favourite TV Series in 30 Days. 

9. Free Q&A

Kamu bisa membaca pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan. Kamu bisa mendapatkan banyak informasi untuk perbendaharaan kosakatamu di Stack Exchange.

10. Jangan salahkan orang Jepang yang berbicara denganmu dengan menggunakan bahasa Inggris

Meskipun bahasa Jepang kamu cukup bagus, terkadang orang Jepang menggunakan bahasa Inggris yang pas pas an untuk berbicara denganmu. Mungkin karena kamu orang asing kali ya. Ingat, kamu yang mempunyai kontrol. Kamu bisa memulainya dengan berbicara menggunakan bahasa Jepang terlebih dahulu agar orang Jepang juga menjawab hal yang sama dengan bahasa Jepang.

Cukup 10 Cara dulu ya yang digunakan untuk belajar bahasa Jepang. Mungkin ada beberapa yang nggak masuk akal. Tapi, praktekkan saja, siapa tahu itu adalah jalan yang akan membuatmu mahir bahasa Jepang. Jika kamu merasa cukup baik dalam kemampuan bahasa Jepangmu, maka nggak ada salahnya kamu ikut JLPT agar lebih tahu kemampuan bahasa Jepangmu sudah sejauh mana.

Adapun cara gila belajar bahasa Jepang masih ada kok poin poinnya.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Cara Gila Belajar Bahasa Jepang (Part 2)"

Berlangganan via Email