Widget HTML Atas

Pengalaman bekerja di perusahaan Jepang dibantu JAC Indonesia

Interpreter Gadungan - Aku akan berbagi pengalaman saat aku bisa bekerja di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia. Dulu, aku dibantu dicarikan kerja oleh salah satu headhunter/ Pencari SDM/ Outsourcing (?) yang menurut aku kredible banget dibidangnya. Nama perusahaan headhunter tersebut adalah JAC Recruitment Indonesia.

Pengalaman bekerja di perusahaan Jepang dibantu JAC Indonesia
JAC Reruitment Indonesia

Menurut situs JAC Recruitment Indonesia, JAC didirikan sejak tahun 1975 dan telah mempunyai cabang di beberapa kota di dunia. Salah satunya adalah di Indonesia dan Jepang. Perusahaan ini identik dengan orang Jepang. Kenapa? Soalnya semenjak aku berkenalan dengan perusahaan JAC, pasti selalu ada hubungannya dengan Jepang, entah otomotif atau dibidang jasa lainnya.

Lembaga Pencari Kerja di Indonesia Part 1

Pekerjaan sebelumnya

Pengalaman aku berkenalan adalah saat aku baru saja resign dari pekerjaan lama sebagai guru. Saat itu karena belum ada kepastian bahwa guru bahasa Jepang akan dipertahankan (malahan akan diberhentikan karena dianggap kurang diperlukan) atau nggak, maka daripada nanti nggak enak dikemudian hari, aku memutuskan untuk berhenti dan mencari kesempatan baru di perusahaan Jepang. Saat itu aku belum pernah punya kesempatan bekerja di perusahaan. Pekerjaan yang aku lakukan setelah lulus hanya sebagai pendidik, entah guru di sekolah atau guru les.

Baca Juga:

Harapan lain aku ingin bekerja di perusahaan adalah karena aku ingin mendapatkan finansial yang lebih baik dari sebelumnya. Saat itu aku ingin sekali melanglang buana, tapi karena selalu terkendala di dana, aku memutuskan bekerja di perusahaan. Berharap dengan bekerja di perusahaan, keadaan finansial aku juga akan lebih baik.

Susah mencari kerja

Karena aku nggak punya relasi dengan siapapun, maka aku cukup sulit untuk memasuki dunia kerja seperti orang dewasa yang lain. Kadang aku berharap bahwa kedua orang tua sangat terkenal dan bisa mengenalkan ke perushaan bagus sehingga aku dengan nyaman bekerja, tapi itu hanya harapan, realitas keras! Aku berusaha sendiri di dunia kerja.

Aku cukup berharap dengan informasi teman teman kuliah. Jika mereka menginformasikan ada kerjaan, maka aku akan mencoba tanya tanya atau melamar pekerjaan. Tapi selalu berakhir kandas.

Suatu ketika, aku buka buka data data lama dan menemukan JAC, perusahaan yang akan membantu mahasiswa jurusan bahasa Jepang untuk bisa kerja di perusahaan. Kertas yang berserakahan tersebut aku baca berkali kali dan tertulis tanggal seminarnya. Aku ingat ketika dulu tingkat 3 kuliah, ada perusaahan JAC yang datang ke kampus. Saat itu tentu saja nggak ada pikiran untuk bekerja di perusahaan, maka hanya sekedar onggokan kertas. Kini, setelah aku membutuhkannya, aku menghubungi nomor telepon dan juga email yang tertera.

Alhamdulillah aku bisa menghubungi nama di email yang dimaksud, tapi saat itu orang yang aku cari sedang nggak ada. Karena aku butuh kerjaan, aku beranikan diri untuk memintanya untuk dicarikan kerjaan. Dia sangat senang dan ramah sekali. Saat itu dia meminta aku untuk datang langsung ke ruko JAC yang ada di daerah Bekasi dengan membawa data data yang diperlukan.

Interview dengan JAC Indonesia

Aku dengan senang hati datang ke ruko JAC yang di bekasi dan melakukan interview bersamanya. Orang yang sangat ramah tersebut bernama Mbak Titin. Dia orang yang terlihat cerdas dan humble. Melihat aku yang udik sekalipun, dia sangat sabar. Aku juga nggak berusaha menutupi bahwa aku dari kampung dan nggak banyak pengalaman. Aku hanya mempunyai modal bahwa berusaha sekuat mungkin untuk bekerja nanti.

Aku melakukan tes berupa tes tulis, isi biodata, menanyakan background pendidikan, pekerjaan sebelumnya dan obrolan lain. Interview yang aku lakukan sangat lancar, bahkan terkesan kita sedang mengobrol layaknya teman lama yang haus informasi.

Dikenalkan ke Perusahaan Jepang

Aku diperkenalkan dengan salah satu perusahaan besar pembuat mobil di wilayah MM2100. Pas datang ke tempat tersebut, aku kaget dan nggak menyangka karena aku pikir perusahaan Jepang yang aku masuki adalah perusahaan yang bergerak dibidang entertainment. Sama sekali nggak terlihat bentuk pabrik saat memasuki gerbangnya. 

Di dalam perusahaan, aku bertemu dengan seseorang yang beranama Mbak Laras, dia adalah lulusan Jepang yang berkerja di tempat tersebut. Kita mengobrol terkait perusahaan dan juga aku. Katanya beberapa kandidat juga sudah datang dan memalukan hal yang sama. Lalu aku bertemu dnegan manajer HRDnya. Sangat ramah dan aku juga dites dengan bahasa Jepang. Aku diminta untuk membaca tulisan Jepang dan mengartikannya. Aku hanya bisa baca beberapa, tapi aku yakinkan bahwa aku lebih suka ngomong daripada menulis. Makanya ketika aku tes bahasa Jepang dengan bicarapun, aku merasa nyaman.

Baca Juga: Wawancara PT OS Selnajaya Indonesia Lippo Cikarang 

Benar benar pengalaman yang luar biasa saat melakukan interview dengan perusahaan besar di MM2100. Karena saat itu aku juga melakukan serangkaian tes dan wawancara dengan perusaahn Yamaha di Karawang, aku jadi ragu. Dua perusahaan tersebut sangat menarik untuk aku masuki. 

Saat yang dinantikan adalah ketika aku harus memilih antara Yamaha di Karawang dan perusahaan di MM2100. Saat itu Yamaha telah meloloskan aku dan meminta aku untuk negosiasi gaji. Aku kaget karena nggak nyangka akan diterima. Saat itu kayaknya orang yang lebih pinter dan berkompeten banyak. Rejeki nggak kemana ya. Lalu, karena aku lebih sreg dengan perusahaan di MM2100, aku meminta Mbak Titin untuk mengetahui hasil di perusahaan MM2100. Katanya belum ada kabar apakah aku diterima atau tidak. Karena aku sepertinya nggak diterima, aku bilang ke Mbak Titin JAC bahwa jika aku nggak bisa masuk perusahaan yang di MM2100, aku akan mengambil kerjaan di Yamaha karena aku telah diterima di sana. 

Mungkin karena udah ada kepastian aku diterima di Yamaha Karawang, Mbak Titin bilang tunggu dulu sampai ada kabar dari pihak perusahaan yang di MM2100. Jika mereka nggak menerima aku, maka silahkan untuk ambil yang di Yamaha.

Nggak disangka, perusahaan yang di MM2100 bilang bahwa aku diterima, maka aku mengajukan pengunduran diri di Yamaha. Sebenarnya nggak enak juga, tapi aku merasa sreg dengan yang di MM2100. 

Berapa gaji di perusahaan?

Ketika datang lagi di perusahaan di MM2100 Cikarang, aku interview dengan kandidat lain juga. Saat itu ada perempuan yang bernama Intan yang ikutan masuk juga dengan aku. Di interview tersebut, aku ditawari gaji sekitar 3,6 - 4 juta untuk level entry, tapi belum termasuk lembur dll. Saat itu tahun 2013. Karena gaji aku sebelumnya nggak sebesar itu, akupun tertarik. Setelah bekerja, minimal gaji yang aku terima justru lebih besar, gaji perbulan rata rata 8 jutaan. Bahkan pernah diakhir aku keluar dari perusahaan tersebut, gajinya mencapai 13 juta kalo nggak salah. Mungkin karena posisinya juga beda kali ya.

Kerjaan yang aku lakukan nggak banyak, karena masih dalam proses belajar. Biasanya aku membantu orang Jepang yang butuh bantuan dengan HRGA. Sedikit sedikit aku melakukan kerjaan seorang interpreter.

Itulah saat saat aku kerja di perusahaan Jepang di kawasan industri MM2100 Cikarang Bekasi. Terimakasih untuk Mbak Titin JAC yang membantu aku mencarikan perusahaan yang bagus bagi kandidatnya. 
Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Pengalaman bekerja di perusahaan Jepang dibantu JAC Indonesia"

Berlangganan via Email