Widget HTML Atas

Tes bahasa Jepang JLPT Indonesia

Interpreter Gadungan - Bagaimanakah ujian JLPT bulan juli lalu? Apakah berhasil? Bagi yang belum tahu, apakah itu JLPT? JLPT adalah tes kemampuan bahasa Jepang yang diadakan oleh Japan Foundation (?). Diselenggarakan seluruh dunia dan digunakan oleh siapapun untuk mengetahui kemampuan bahasa Jepang yang mereka miliki. Bagaimana dengan JLPT Indonesia? Bagaimana dengan di Indonesia?
Tes kemampuan Bahasa Jepang JLPT di Indonesia

Apa itu JLPT?

JLPT adalah singkatan dari Japanese Language Proficiency Test atau dalam bahasa Indonesia disebut tes kemampuan bahasa Jepang. JLPT terdiri dari 5 Tingkatan berbeda: N1, N2, N3, N4, N5, N1 adalah level tertinggi bahasa Jepang. 

Baca Juga: Download Minna no nihongo edisi kedua

Kapankah pendaftaran JLPT 2019

Untuk pendaftaran JLPT di Indonesia pada 2019 dimulai mulai Maret dan 13-27 Agustus 2019. Silahkan bukan website JLPT Indonesia. Pendaftaran dilakukan melalui online registration 2019 di websitenya.

Kapankah JLPT dilaksanakan di Indonesia?

JLPt dilaksanakan serentak di awal minggu pertama bulan Juli dan minggu pertama bulan Desember. Jangan lupa, pendaftaran JLPT melalui online dan dilakukan beberapa bulan sebelumnya.

Jadwal Tes JLPT 2019 di Indonesia

Siapa yang boleh ikutan JLPT?

Siapapun boleh ikut. Cara mengikuti JLPT cukup mudah. Kamu cukup buka website JLPT di Indonesia dan mulai lakukan pendaftaran. Jika ingin daftar diluar negeri, kamu bisa cek website untuk JLPT login atau JLPT result di JLPT nya.  Atau bisa juga menghubungi kampus kampus utama yang biasa menyelenggarakan JLPT seperti UPI bandung, Unsada Jakarta, dll.
Tes kemampuan Bahasa Jepang JLPT di Indonesia

Berapa Biaya tes JLPT?

Untuk masalah pembayaran, tiap levelnya dibeda bedakan. Dari mulai Rp.120.000- Rp. 220.000. Jika kamu daftar di Jepang, biasanya lebih mahal. Kalo nggak salah dulu aku ikutan sekitar 5000 yen atau jika di rupiahkan sekitar Rp. 600.000.

N1 :  Rp. 220.000
N2 :  Rp. 190.000
N3 :  Rp. 170.000
N4 :  Rp. 130.000
N5 :  Rp. 120.000

How To Apply JLPT In Japan

Aku menyarankan agar kamu mengikuti tes kemampuan bahasa Jepang sesuai kemampuan. Jika kamu masih dirasa kemampuan N4, maka coba yang N4. Jika lulus, baru ikutan yang lebih tinggi. Jika langsung N1 bagaimana? Boleh? Boleh saja, asalkan kamu bisa. Soalnya jika kamu nggak punya kemampuan dan ikutan JLPT N1, lalu nggak lolos, maka duit yang kamu keluarkan percuma.
Tes kemampuan Bahasa Jepang JLPT di Indonesia

Kapan Pendaftaran

Karena JLPT dilaksanakan serentak diseluruh dunia, maka pendaftaran biasanya nggak terlalu lama. Ujian JLPT dilaksanakan dibulan Juli minggu pertama dan Desember minggu pertama. Adapun pendaftarannya dibulan awal Agustus dan awal Maret. Untuk pendaftaran terkadang beda beda tiap negara. Aku menyarankan bulan Maret dan Agustus sebagai ancang ancang untuk daftar JLPT. Selalu cek website JLPT agar kamu mendapatkan info yang tepat.

Hasil JLPT

Untuk hasil JLPT biasanya 1 - 2 bulan setelah tes berlangsung. Hasilnya bisa dicek secara online dengan nomor registrasi yang telah kita daftarkan.

Adapun beberapa ketentuan kamu lolos atau tidaknya bisa lihat digambar berikut. Data ini dari JLPT.

Jika kita telah lolos JLPT, maka kita akan mendapatkan sertifikat. Nah inilah sertifikat yang bisa kita gunakan untuk beberapa persyaratan. Bisa kerja atau beasiswa.

Tes kemampuan bahasa Jepang bukan hal yang aneh dan asing bagi mahasiswa jurusan bahasa Jepang. Mereka pasti tahu dan wajib tahu, karena ada beberapa universitas yang mewajibkan mahasiswanya jika lulus kuliah harus memegang JLPT dengan minimal N4. Mungkin agak susah bagi yang nggak fokus belajar. Tapi, dengan lulus tes JLPT, maka kesempatan kita bersaing bekerja di perusahaan Jepang lebih terbuka lebar.

Adapun cara mengecek hasil JLPT apakah kita lolos atau nggak, kamu bisa klik link berikut ini JLPT Result.

Tes JLPT (Kemampuan Bahasa Jepang ) di Indonesia
Timeline JLPT

Untuk hasil ujian bulan Juli dapat dilihat hasilnya pada akhir Agustus, dan mengambil sertifikatnya pada bulan Oktober, sedangkan hasil ujian Desember akan keluar hasilnya akhir Januari dan sertifikat bisa diambil pada bulan maret di panitia lokal.

Tes kemampuan Bahasa Jepang JLPT di Indonesia

Tes kemampuan JLPT bukan hanya bagi mahasiswa jurusan bahasa Jepang, tapi diperuntukkan bagi siapapun yang mau ikutan tes tersebut. Karena tes JLPT mengukur kemampuan bahasa Jepang seseorang secara tertulis, maka bukan berarti orang yang lulus JLPT N1 bisa bicara bahasa Jepang dengan pera pera atau lancar. Malah, bisa jadi ada seseorang yang mempunyai JLPT level N3 yang lancar bicara dibandingkan N1. 

Bagi yang tertarik menjadi seorang Interpreter di perusahaan atau sekedar freelance, JLPT sangat dibutuhkan sekali. Kenapa? Karena pertama kali orang akan menanyakan level bahasa Jepang kita terlebih dahulu. Jika level kita semakin bagus, maka akan semakin percaya mereka pada kita. Tapi usahakan juga kita jago secara tertulis dan juga lisan ya karena jika kita bagus keduanya, maka kita seperti kata yang sering diucapkan mentalis Indonesia, "Sempurna."

Gaji Pertama Interpreter, Jumlahnya Kurang Gede!

Bagaimana dengan pengajar bahasa Jepang? Mungkin jika dia lulus N4 atau N3 bisa mengajar bahasa Jepang untuk anak level SMA atau kursus tingkat awal, tapi jika kamu punya sertifikat N2 atau N1, akan keren sekali, meskipun sangat jarang orang yang mempunyai JLPT N2 atau N1 mengajar. Biasanya memilih di perusahaan karena gaji yang akan mereka terima lebih gurih aliaa lebih gede. Ya, gaji sekitar 8 atau 9 juta mungkin sudah ditangan kali ya sebulannya.

Baca Juga:

Jika TOEFL adalah tes bahasa Inggris yang diperuntukan untuk mengukur level bahasa Inggris seseorang secara tertulis, maka belum tentu seorang yang TOEFL nya tinggi bisa bicara dengan lancar tanpa ada hm...hm.... begitupun dengan JLPT. Tapi, meskipun begitu, sangat disarankan agar kamu yang belajar bahasa Jepang atau ada hubungannya dengan bahasa Jepang untuk mengikuti tes kemampuan ini karena banyak poin postifnya.

Keuntungan ikut JLPT

Salah satu keuntungan keuntungan jika kita lolos JLPT adalah:

1. Melamar kerja

Jika kita mempunyai JLPT N tertentu, maka akan menjadi poin lebih kita saat mendaftar. Jika kamu lulusan bahasa Jepang, maka kamu akan lebih meyakinkan didepan client karena kemampuanmu terukur dengan adanya nilai JLPT.

2. Syarat Beasiswa

Ada beberapa syarat melanjutkan sekolah atau kuliah di Jepang dengan JLPT N tertentu. Biasanya jika kamu akan mendaftar di perguruan tinggi Jepang, mewajibkan mahasiswa baru memiliki JLPT N2 karena semua pembelajaran dan buku bacaan akan berupa bahasa Jepang. Ini akan memudahkan calon mahasiswa beradaptasi dengan lebih cepat.

3. Gaji Naik

Ada juga beberapa perusahaan yang membuat semacam kompetensi bahwa jika kita berhasil lolos N tertentu, maka ada tambahan gaji atau insentif. Lumayan kan gajimu akan bertambah. Gaji naik juga bukan tanpa alasan. Jika kamu bisa lolos JLPT tertentu, maka kerjaan atau bisnis perusahaanmu akan terisi dengan orang orang berkualitas. Kerjaanpun jadi lebih gampang.  

4. Hanya cek kemampuan

Bagi yang tujuannya untuk mengecek kemampuan bahasa Jepang juga ada. Mereka nggak peduli lolos atau tidaknya.

Lalu buku apa yang bisa digunakan agar kita bisa lolos JLPT?

Download Soal JLPT Legal, Gratis!

Ada banyak buku dan sumber bacaan yang bisa digunakan untuk dipelajari. Bagi yang level awal, kalian bisa membaca buku Minna no Nihongo. Buku ini juga digunakan di tempat kursus di Jakarta dan Bekasi sebagai buku rujukan pembelajaran awal. Bagi yang ingin mencari buku referensi lain, bisa menggunakan buku Marugoto. Atau, jika ingin buku yang sedang atau banyak dipelajari siswa SMA adalah buku Nihongo Kira Kira.

Download Buku Bahasa Jepang: Nihongo Kira Kira

Buku buku tersebut silahkan dipelajari karena bisa membuatmu mengerti bahasa Jepang lebih baik. Jika ingin lebih fokus lagi belajarnya, maka kamu bisa beli buku yang khusus membahas JLPT. Ada banyak buku yang beredar di tokobuku Gramedia atau Kinokuniya. Buku yang banyak menjelaskan JLPT salah satunya adalah buku dari penerbit Gakushudo dan SouMatome yang sering ditemukan di toko buku Kinokuniya. Namun sayang, buku Soumatome harganya mahal karena buku impor.
Tes kemampuan Bahasa Jepang JLPT di Indonesia
Kinokuniya

Jika ingin gratis atau lebih hemat, kamu bisa mencari beberapa sumber online di aplikasi android atau website tertentu seperti Learn Japanese Daily yang menyediakan soal JLPT secara online. Bukan hanya berupa soal, tapi juga penjelasan tata bahasa dan juga kanji. 

Ada banyak jalan agar kita bisa bahasa Jepang. Di Youtube juga sudah banyak bermunculan website yang membahas Bahasa Jepang, salah satu yang menjadi favorit adalah Nihongomori.
Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Tes bahasa Jepang JLPT Indonesia"

Berlangganan via Email