Widget HTML Atas

Cara Gila Belajar Bahasa Jepang (Part 3)

Interpreter Gadungan - Salah satu indikator menjadi seorang interpreter yang handal adalah bisa bahasa Jepang dengan mahir. Dia bisa menempatkan dirinya sebagai perantara yang bisa memudahkan komunikasi diantara dua orang atau lebih. Untuk menjadi interpreter handal, diharapkan mempunyai level bahasa Jepang yang tinggi. Tapi, belajar bahasa Jepang selama ini seolah nggak efektif. Apakah ada yang salah? Jika salah, bagaimanakah agar bisa menaikkan level bahasa Jepang dengan cara yang nggak biasa atau gila? Berikut adalah caranya.
Cara Gila Belajar Bahasa Jepang (Part 3)
Pexels

Ada beberapa alasan mengapa kemampuan bahasa Jepang kita nggak naik kelas, bahkan menurun:

1. Basic bahasa Jepang yang kurang

2. Motivasi yang kurang

3. Jauh dari Allah

Jika kalian merasakan 3 hal diatas, berarti itulah beberapa alasan yang membuat bahasa Jepang atau ilmumu semakin jauh. Kalian bisa baca artikel Cara Gila Belajar Bahasa Jepang Part 1 dan Cara Gila Belajar Bahasa Jepang Part 2. Bukan hanya mengetahui alasan kenapa bahasa Jepangmu menurun, kamu juga bisa mendapatkan cara cara gila di artikel tersebut berdasarkan artikel I Will Teach You a Language.

Di artikel cara gila belajar belajar bahasa Jepang 2, kalian telah mendapatkan 10 cara gila. maka kita akan lanjutkan cara cara gila selanjutnya:

11. Jangan khawatir dengan istilah formal atau sopan

Bahasa Jepang memang terdiri dari beberapa tingkatan. Ada yang biasa dan formal, biasa atau sopan. Orang Jepang nggak begitu suka bicara dengan formal atau sopan. Istilahnya mungkin bahasa yang kaku. Dalam bahasa Indonesia mungkin bisa seperti:

"Apakah anda sudah makan?" 

Daripada bicara seperti itu, akan lebih baik jika kamu bilang, 

"Udah makan?"

Jika ingin merasa nyaman dan cepat dalam belajar bahasa, maka bertemanlah terlebih dahulu. 

Baca Juga:

12. Bicaralah dengan bentuk formal dan sopan

Ada saran lain yang bisa digunakan, bahkan kontra dengan nomor yang diatas. Its up to you! Pelajari dan gunakan bentuk -masu dan juga bentuk sopan, karena akan sangat berguna nantinya. Jika nggak dipelajari, kamu akan berakhir seperti orang kebanyakan yang ada di Jepang yang bicara dengan dosen seperti layaknya teman.

Opini pribadi, aku lebih baik menggunakan pola -masu atau sopan lebih dulu. Jika sudah terbiasa dan mengenal satu sama lain, mungkin bisa digunakan pola yang biasa. Hal ini untuk mengurangi dampak negatif dalam berkomunikasi dengan orang yang posisinya lebih atas.

13. Jangan belajar bahasa Jepang dari beberapa anime

Memang benar di anime kita bisa belajar bahasa Jepang dengan lebih gampang dan cepat, karena biasa digunakan bahasa sehari hari. Tapi, ada juga anime yang menggunakan bahasa kasar atau bahasa yang digunakan Yakuza. Jika kamu menggunakan bahasa kasar yang ada di anime dan digunakan sehari hari, maka kamu bisa dianggap seorang yang brengsek.

Baca juga: Download minna no nihongo edisi kedua

Cara Gila Belajar Bahasa Jepang (Part 3)
Pexels

14. Ada banyak lagu yang dipelajari daripada kata kata

Cara belajar efektif adalah dengan mengikuti karaoke. Usahakan lagu sesuai umurmu, tapi orang Jepang sangat suka dengan orang asing yang bisa lagu lagu lawas. Karaoke juga bisa menjadi cara agar kamu bisa berteman dengan orang Jepang.

Salah satu website yang bisa jadi rujukan belajar adalah How to learn Japanese through Music

15. Ikutilah aktivitas yang diselenggarakan orang Jepang

Jika ada yang nanya, cara belajar yang baik, maka jawaban yang sering dijawab adalah mengikuti aktivitas bersama orang Jepang secepat mungkin.

Organisasi sekitar rumahmu biasanya mengadakan berbagai kegiatan semisal kerja bakti, event tertentu, kursus bahasa, bahkan pengenalan budaya Jepang. 

Aku juga dulu ikutan kegiatan belajar bahasa Jepang yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah. Tapi karena baito yang jadwalnya bentrok dengan kursus bahasa, maka aku memilih baito agar tetap bisa survive di Jepang.

16. Cari tahu penggunaan kata secara natural

Cara agar ucapan dan tata bahasa terdengar natural adalah dengan mencari tahu makna atau peribahasa di Tatoeba.

17. Pelajari sebanyak mungkin kata dalam Romaji

Untuk pembelajar awal, gunakan Romaji untuk mencari tahu dan mencatat semua hal. Jika telah banyak kosakata yang dipelajari, maka ganti dengan huruf kana.

18. Mulai membaca bacaan sesuai tingkat pembelajarannya

Ada banyak cerita sesuai dengan level pembelajarannya. Kamu bisa menemukannya di Wired in Japan.

19. Gunakan Google Image Search untuk mencari kata dalam bahasa Jepang

Saking canggihnya google, kamu bisa mencari sebuah gambar dengan google dan akan keluar artinya. Bukan hanya arti, terkadang penjelasan budaya pun ada, lho.

20. Jangan belajar tulisan Jepang tanpa pengawasan

Tulisan Jepang itu berbeda dengan huruf alfabet yang bisa kita tulis dari atas atau bawah. Dalam bahasa Jepang, menulis katakana, hiragana dan kanji ditulis menurut kaidahnya tersendiri. Jika kamu menulis dengan salah, terkadang orang Jepang menganggap kita pemalas karena nggak belajar dari yang paling dasar.

Maka, pelajari dengan pengawasan yang tepat.

Bagaimana, siap mempraktekkan cara cara gila di atas? Semoga dengan mempraktekkan cara di atas, maka bahasa Jepang kita semakin mahir. Amin.

Jangan lupa ikutan JLPT juga ya agar kamu tahu seberapa jauh kemampuan bahasa Jepangmu saat ini. Semoga kamu bisa lulus dengan mudah tes JLPT N1, N2, N3, N4 dan N5. Ingat, dimulai dari tes yang mudah dulu ya.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Cara Gila Belajar Bahasa Jepang (Part 3)"

Berlangganan via Email