Lowongan pekerjaan perawat di Jepang - Interpreter Gadungan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lowongan pekerjaan perawat di Jepang

Interpreter Gadungan - Saat ini Jepang sedang dilanda masalah usia lansia yang lebih banyak daripada anak anak atau pemudanya. Hal ini akan berdampak pada Jepang dikemudian hari. Dari permasalahan ini ternyata ada hal baik juga bagi negara yang banyak penduduknya. Mereka berbondong bondong datang ke negara Jepang dan bisa bekerja. Salah satu pekerjaan yang sedang hits di Jepang adalah sebagai perawat atau caregiver para lansia.

Lowongan pekerjaan perawat di Jepang
Gambar: kedutaan besar Jepang di Indonesia

Jika kamu lulusan sekolah perawat atau kebidanan SMK, D3 atau S1, maka kesempatan kamu bekerja di Jepang sangat besar. Saat ini kerjasama antara negara Jepang dan Indonesia yang dikenal dengan kerjasama G to G sedang digalakkan. Bagi yang tertarik kerja di Jepang, kamu bisa daftar di BNP2TKI, situs resmi pemerintah terkait ketenaga kerjaan di luar negeri.

Ketika aku masih di Jepang, banyak sekali beasiswa yang akan diberikan pada siswa asing yang akan mengambil jurusan kaigo atau caregiver. Mereka akan sekolah tentang keperawatan selama 2 tahun dan bisa bekerja di RS atau panti panti Jepang. Saat ini Jepang sangat membutuhkan sekali orang orang dengan kemampuan merawat tersebut.

Lowongan pekerjaan perawat di Jepang
suaramerdeka

Ada informasi dari teman aku yang seorang Jepang bahwa memang benar care giver dibutuhkan, tapi lebih banyak orang asing yang ambil pekerjaan tersebut karena orang Jepang sendiri kurang berminat. Alasannya adalah pekerjaan tersebut bersifat kotor (membersihkan pup, dll), susah dll, makanya mereka kurang suka.

Baca Juga: 

Tapi bagi orang Indonesia yang terkenal telaten dikalangan orang asing, pekerjaan caregiver merupakan hal biasa. Kita bisa melihatnya dari keluarga atau tetangga kita yang mengasuh atau merawat orang tuanya saat mereka berusia lanjut.

Bermacam macam beasiswa bagi siswa yang mau melanjutkan di sekolah kaigo (perawat) diberikan, mulai dari gratis sekolah, bayar SPP murah atau sistem ketika akan selesai sekolah kaigo (caregiver) maka langsung direkrut di RS atau panti panti di Jepang. Tentu saja ini merupakan kesempatan besar bagi yang tertarik bekerja di Jepang.

Gaji Berapa

Bagaimana dengan gaji yang akan diterima saat di Jepang nantinya? Karena Jepang sangat menjunjung tinggi hak dan kewajiban warganya, maka pastinya gaji sesuai standar Jepang. Lalu berapa? Tergantung dari lulusan mana, pengalaman berapa lama dan juga poin poin lain. Tapi untuk awal gaji biasanya sekitar 10-20 juta. Jika kamu ada jam tambahan atau lembur, pasti ada uang lebih.

Untuk urusan kesehatan, kamu jangan khawatir, Jepang sangat bagus dalam segi kesehatan dan kedokterannya. Aku dulu pernah dioperasi di Jepang hanya bayar sekitar 4 man atau sekitar 5 juta lebih. Itu nginep beserta obat obatan lain. Tapi, dibantu dengan hoken atau asuransi juga ya.

Jika tertarik bekerja di Jepang, kamu bisa baca di website berikut ini http://www.bnp2tki.go.id.

Butuh banyak orang

Dari portal berita di http://www.bnp2tki.go.id, Jepang masih butuh tenaga medis sekitar 1 juta orang lagi. Bagi yang tertarik ikutan dan masih ada waktu, silahkan kamu juga menaikkan level bahasa Jepangnya dengan belajar bahasa Jepang dan ikut JLPT sesuai level, bisa JLPT N5, N4, N3, N2 atau siapa tahu N1.

Dengan mengikuti JLPT atau tes bahasa Jepang, kamu akan dinilai lebih bagi orang Jepang dan akan memudahkanmu meraih mimpi kerja di Jepang.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

Post a comment for "Lowongan pekerjaan perawat di Jepang"