Widget HTML Atas

Cara orang Jepang belajar bahasa Indonesia

Interpreter Gadungan - Beberapa minggu yang lalu, aku menghadiri salah satu kelas les bahasa Jepang. Disana ada orang Jepang, seorang wanita sekitar 50 an yang sedang observasi anak anak yang belajar bahasa Jepang. Kita serasa sedang bertukar bahasa diruangan tersebut.

Cara orang Jepang belajar bahasa Indonesia
After Shokujikai

Setelah aku mendengarkan kelas tersebut, ternyata beliau bernama Youko san, istri dari salah satu expatriat yang bekerja di wilayah Cikarang Bekasi. Karena suaminya bekerja di Indonesia, maka dia ikut ke Indonesia dan berusaha mempelajari bahasa Indonesia.

Melihat Youko san mempelajari anak anak Indonesia yang sedang belajar Jepang membuatku berfikir, mungkin dia itu sama dengan kita yang sedang belajar Jepang. Ini adalah cara belajar bagi orang Jepang atau orang Indonesia pemula yang ingin mempelajari bahasa Jepang atau Indonesia. 

1. Observasi

Orang Jepang suka sekali observasi disuatu tempat, entah budaya, tempat wisata, pekerjaan dan lainnya. Dengan ini dia akan menambah wawasan tentang Indonesia dan jika ada pertanyaan akan muncul sebagai trigger dari observasi ini.

"Apa saranmu tentang makanan enak Indonesia?"

"Bagaimana rasanya puasa? Apakah akan mati?"

2. Belajar di kelas atau les bahasa Indonesia

Beberapa orang akan ikut les bahasa Indonesia agar dia bisa bahasa nasional kita. Biasanya melalui interpreter atau penerjemah yang merangkap sebagai guru les atau mereka akan datang ke tempat les. Jika beruntung, mereka bisa menggunakan interpreter pabrik agar lebih nyaman.

Baca juga: Download Minna no nihongo edisi kedua

3. Learning by doing

Ini yang paling bagus. Mereka langsung terjun ke hutan atau pekerjaan, jika mereka nggak mengerti, maka mereka akan trial and error. Memang membutuhkan waktu, tapi hasilnya akan sangat bagus. Terkadang orang Jepang sering mendengar satu kata yang sering diucapkan orang Indonesia, maka dia akan ikut ingat juga. Biasanya kata yang gampang didengar dan dimengerti adalah:Bagus!"

4. Belajar dari buku bilingual

Aku pernah ngobrol dengan president director aku di PT sebelumnya, kenapa dia cukup bagus dalam bicara bahasa Indonesia. Dia bilang, dia mempelajarinya dari buku bilingual yang dia dapatkan berupa bahasa Jepang dan bahasa Indonesia. Dengan membandingkan dua bahasa, dia akan lebih mengerti konteks dari bahasa tersebut.

5. Pacar

Jika pacarmu orang Indonesia atau Jepang, maka proses pembelajaran bahasa akan lebih gampang. Hasilnya juga akan lebih baik dan bagus. Malah terkadang lebih natural karena kamu belajar bahasa asing setiap hari dan intense. 

Temenku yang pacaran dengan orang Jepang dan menikah dengan mereka juga mempunyai kemampuan bahasa Jepangn sangat jauh melesat dibandingkan temen temen lainnya. Bahkan cara bicaranya hampir menyamai orang Jepang. Bagaimana dengan orang Jepangnya? Apakah bisa bahasa Indonesia? Bisa, bahkan kata kata kasar seperti; "Anj*ng!, G*la! Gobl*k," mereka fasih mengucapkannya. 

Beberapa teman dari Bali, Jawa dan senior senior aku juga melakukan cara ini dan bahasa Jepangnya sangat bagus. Terlepas dari jodoh yang maha kuasa, ya.

6. Menyanyi

Mau lebih bagus bahasanya dan dengan senang hati mempelajarinya? Karaoke adalah jalan yang bagus disamping kita belajar budaya dan juga bahasa, kita juga bisa menambah koleksi lagu lagu bahasa Indonesia di otaknya. Lagu dangdut yang merakyat patut kita sebarkan ke mereka. Hahaha.

Orang Indonesia juga banyak yang mendengarkan lagu agar bisa bahasa Jepang.

7. Menonton Film

Menonton film itu beneran membuat seseorang bisa bahasa asing. Nggak percaya? Kamu pernah belajar bahasa Korea tapi mengerti daebak, chinca, saranghe, itu karena kamu sering mendengar di film film kan? Artinya itu efektif. Pelajari dengan film, maka kamu banyak belajar bukan hanya bahasa, tapi juga ekspresinya. Jika menonton, usahakan menontonnya dengan subtitle bahasa asing tersebut agar kamu semakin bisa.

Cara orang Jepang belajar bahasa Indonesia
Shokujikai

8. Belajar dari buku

Jika kamu tipe belajar dengan buku, maka bacalah buku. Bisa berupa grammar, cerita, novel atau buku anak anak. Inilah bentuk cara belajar otodidak.

9. Aplikasi

Jika kamu seseorang yang mobilitasnya tinggi, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar yang bertebaran di playstore. 

Sekarang kamu tahu kan cara belajar bahasa Indonesia bagi orang asing khususnya Jepang?

Kalo aku mengajarkan bahasa Indonesia ke teman Jepang, biasanya kita ajak jalan jalan. Soalnya jika jalan jalan, nggak gampang bosan dan topiknya bisa beragam.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Cara orang Jepang belajar bahasa Indonesia"

Berlangganan via Email