Widget HTML Atas

Hal Unik di Jepang bagi orang asing (1)

Interpreter Gadungan - Jika datang ke Jepang, kamu akan menemukan berbagai macam hal yang unik dan seru. Bahkan hal itu nggak terpikirkan jika di Indonesia, salah satu contohnya adalah alat unik berbentuk paha perempuan untuk sandaran, toilet modern, dll.

Hal Unik di Jepang bagi orang asing (4)

Berikut ini adalah beberapa hal unik dan seru yang aku temukan saat berada di Jepang. Beberap artikel terkait hal unik dan aneh bisa juga bisa ditemukan di fujiharu.com.

1. Tempat parkir sepeda canggih

Sepeda yang biasanya terparkir di tempat parkir biasa dan kena cuaca hujan, panas sudah banyak, tapi yang ini sungguh beda. Kita bisa memparkirkannya di basement atau disimpan di atas gedung. Biasanya sih sepeda yang disimpan disini harganya cukup mahal, bagi aku yang beli sepeda sekitar 1,5 juta disimpan yang biasa aja. Disamping nggak bayar, juga sayang bayar parkirnya.

Parkir di Jepang cukup mahal lho perjamnya. Apalagi yang dekat stasiun. Tempat parkir ini ada yang konvensional seperti disimpan di tempat lapang dan ada juga yang modern dengan lahan parkir yang ditumpuk menanjak.

2. Bantal berupa paha

Bagi jomblo yang butuh kehangatan, bisa beli bantal ini. Bentuknya menyerupai bantalan paha orang yang duduk. Jadi kepalamu bisa disandarkan dibantal ini. Ada juga bantalan yang berupa tangan atau bagian tubuh dada dan tangan.

Kamu bisa mencarinya di toko toko yang menjual peralatan S*x atau juga di toko toko yang cukup besar seperti Donki Hot*i.

3. Naik kereta ngantri dan membentuk huruf V

Dahulukan orang yang keluar dari kereta, baru penumpang yang naik. Aturan ini udah nggak perlu diomongin lagi, semua sudah tahu akan hal ini. Di Indonesia udah mulai digalakkan, semoga lebih cepat terealisasi dan bisa seperti Jepang. Tapi jika naik MRT mungkin masih bisa, jika naik KRL, akan susah, apalagi di jam sibuk. Boro boro bentuk V, tempatnya menunggunya udah penuh duluan.

4. Tempat penting dekat dengan stasiun

Karena di Jepang tata ruang begitu diperhatikan, jadinya kemanapun lebih gampang dan asyik menjalaninya. Misal kita akan ke toko anu yang besar, ke museum anu, semuanya hampir dekat dekat stasiun. Jadi kemanapun mudah. Bayangkan jika di Indonesia. Susah! 

Kita juga nggak boleh menyalahkan, ya. Misal ada bus juga ok kok, asalkan nggak semacet seperti Jakarta sekitarnya. Jika macet, bikin kepala senut senut.

Baca Juga: Download Minna no nihongo edisi kedua

5. Jarang yang menggunakan mobil

Karena aku tinggal di daerah gunung, jadi masih banyak yang menggunakan mobil untuk ke suatu tempat, tapi dibandingkan orang yang naik sepeda, bus, jalan kaki dan kereta jauh lebih banyak. 

Jika kamu ke area Tokyo, maka kamu akan melihat banyak sekali orang yang menggunakan transportasi publik. Di Jakarta dan sekitarnya, gengsi yang berbicara, makanya macet dimana mana. Semoga kesadaran kita semakin bagus, transportasi masal semakin baik agar semua orang menggunakan transportasi tersebut dengan nyaman.

6. Akhir Desember banyak kecelakaan

Entah benar tidaknya info ini, tapi aku sering mendapat info bahwa beberapa kecelakaan terjadi di bulan Desember. Alasannya karena kerjaan menumpuk dan stress memuncak. Mereka yang nggak kuat menanggungnya akan menabrakan dirinya di kereta cepat tersebut. Meskipun ada kecelakaan, seolah pemerintah dan semuanya mengerti, pengelolaannya cukup cepat, jadi telat juga nggak sampai beberapa menit.

Kata sensei, orang yang bunuh diri tersebut akan dikenakan denda dan keluarganya akan menanggungnya. Kenapa? Karena mengganggu orang lain. Wadauw.

7. Hutan bunuh diri

Ada hutan bunuh diri lho. Namanya adalah Aokigahara. Mereka yang nggak kuat dengan penatnya kehidupan mengakhiri hidup di hutan ini. Karena seringnya kejadian tersebut, banyak sekali cerita mistis yang mengiringinya. Tapi jangan sekali kali macam macam dengan hal ini, kalo nggak dunia akan mengecammu. Satu youtuber Amerika kena getahnya karena kurangnya simpati dan empati pada korban tersebut saat membuat vlog (Logan Paul).

8. Jepang bersih dimana mana

Meskipun memang benar Jepang bersih dimana mana, coba kamu datang ke beberapa gunung, maka kamu akan menemukan tumpukan sampah yang dibuang sembarangan. Aku mengetahui kejadian ini ketika jalan jalan ke Akagi san, salah satu gunung terkenal di Gunma. Banyak sekali tumpukan sampah yang dibuang di semak semak. Nggak tahu yang buang orang Jepang atau orang asing saat jalan jalan di sekitar gunung.

Jaga lingkungan ya!

9. Toilet modern

Jika kamu menggunakan toilet Jepang, maka kamu akan menyukainya. Serasa kamu seorang raja. Dicebokin langsung dengan air yang disemprot, ada pewangi, jika kita akan mengeluarkan suara yang nggak ingin didengar orang lain, maka kita bisa membuat suara dari tombol toilet yang disediakan.

Tapi, nggak semua toilet Jepang seperti itu. Jika kamu berada di tempat wisata atau taman, maka kamu akan menemukan toilet yang menggunakan kertas untuk membersihkannya. Aku nggak bisa jika menggunakan tisu kering. Biasanya aku akan selalu membawa tisu basah sebagai pengganti air.

10. Toilet bersih

Selama di Jepang, sekotor kotornya toilet Jepang, bisa dibandingkan dengan bersihnya toiletnya di pantura. Hihi. Bersih banget, makanya aku suka di toilet. Haha.

Baca Juga: Hal Unik di Jepang bagi orang asing (2)

Bagaimana, cerita di atas aneh dan lucu, bukan? Kira kira masih ada yang aneh, lucu, dan seru nggak ya yang ada di Jepang?
Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Hal Unik di Jepang bagi orang asing (1)"

Berlangganan via Email