Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penerjemah bahasa Jepang level 2

Interpreter Gadungan - Menjadi interpreter atau penerjemah bahasa Jepang di Indonesia, masih banyak yang memerlukannya lho. Tapi, sebenarnya kemampuan ideal seorang interpreter itu berada di level berapa sih? Menurut aku, yang cukup ideal adalah level JLPT N2. Bagi yang masih JLPT level N5, JLPT N4 dan JLPT N3 minggir dulu, belajar lagi agar semakin bagus kemampuanmu.

Penerjemah bahasa Jepang level 2

Statusmu lebih tinggi

Menjadi seorang pengalih bahasa cukup menyenangkan lho. Disamping kita bisa banyak belajar diberbagai bidang, kita juga bisa bertemu dengan orang baru. Jika mau menginginkan status, kamu juga bisa dipandang tinggi oleh teman lain karena kamu akan lebih dekat dengan petinggimu (Japanese). Bisa jadi kamu seorang interpreter pemula di pabrik tersebut, tapi bisa sangat dekat dengan pimpinan orang Jepang di perusahaan tersebut karena seringnya kamu berkomunikasi dengannya. Hal ini akan sangat berbeda dengan orang dengan posisi tertentu yang nggak bisa bahasa asing seperti bahasa Jepang, apalagi bahasa Inggris.

Diberbagai jenis bidang pekerjaan

Beragam jenis pekerjaan seorang interpreter atau penerjemah itu. Bisa bekerja disektor perusahaan, pabrik, pemerintahan, travelling, freelance, guru dan lainnya. Intinya, loker atau lowongan kerjanya masih ada aja, bahkan batasan umur juga terkadang bukan menjadi masalah.

Bagi yang jam terbangnya sibuk, bahkan mereka mengajar bahasa Jepang juga secara online atau membuka jasa penerjemahan. Biasanya yang terpercaya adalah jasa penerjemahan tersumpah. Hasil dari terjemahannya bisa lebih dipertanggungjawabkan.

Level bahasa Jepang

Lalu level JLPT N berapa yang ideal jika menjadi seorang interpreter? Aku sih lebih suka menjawab minimal N2 dan bisa berkomunikasi verbal secara lancar. Dengan dua modal tersebut, kamu bisa menjadi interpreter handal. Beneran? Bener.

Alasan kenapa N2 cukup ideal

Dalam JLPT (Japanese Language Profiency Test), N terendah adalah N5, N4, N3, N2 sampai yang tertinggi N1. Jika kamu mempunyai N2, maka kemampuanmu diatas rata rata, karena menurutku, jika kamu mempunyai N3, maka kemampuan bahasa Jepangmu masih rata rata. Mungkin bisa berkomunikasi, tapi masih belum bagus fondasinya.

Baca Juga: Cara daftar JLPT online 2019

Aspek lain yang aku sebutkan adalah bisa berkomunikasi dengan verbal secara lancar. Ada beberapa orang yang lulus JLPT N2 atau N1, tapi hanya sebatas tes, ketika berbicara, mereka seperti gagu, nggak lancar. Jika seperti ini, maka tentu saja meskipun N2 atau N1, kamu kurang disukai karena aspek penting seorang interpreter adalah bisa mengkomunikasikan sesuatu ke lain bahasa secara verbal. Jika kamu menjadi penerjemah buku atau dokumen, mungkin nggak masalah, tapi jika interpreter kayaknya kurang bagus.

Tapi, siapapun kamu dan berapapun level JLPT N mu, jangan berkecil hati. N3 juga bisa menjadi seorang interpreter meskipun kurang bagus. Jika ada yang kurang bagus, maka kamu perbaiki dan hal yang sudah bagus kamu perbaiki juga agar semakin cemerlang.

Jika kamu mempunyai sikap pembelajar, maka kamu bisa menjadi apapun. Jika kamu telah mendapatkan N3 atau N2, kamu bisa mendapatkan gaji yang cukup besar juga lho. Tertarik bukan?

Berikut adalah iklan lowongan kerja dari grup penerjemah.

[JOB VACANCY] Iklan diposting 2 September 2019

We PT. Reeracoen Indonesia (recruitment agency - head hunter from Japan) are looking for:

[46242] GA & Interpreter – Karawang

up to 10,000,000

Requirements:

- Minimum D3 any major

- Have working experience as Interpreter

- Experience in manufacturing company is plus

- Japanese skill business level (Minimum JLPT N3 Upper)

Job Description:

- Interpret Japanese documents to Indonesian, Indonesian documents to Japanese

- Translate while company meeting

- The candidate is responsible make the communication between Japanese and Indonesia smooth

- General Administration

- Controlling GA Inventory needs all department

- Handling expatriate documents

- Make a monthly report

- Other related tasks

For you who meet the criteria above and interested to apply for the position, please kindly reach me by sending your CV to intan@reeracoen.co.id with subject GAI_46242

Looking forward to seeing you!

Baca Juga: