Widget HTML Atas

Hal yang harus dibawa saat ujian JLPT

Interpretergadungan - Hal apakah yang harus dan wajib dibawa saat ujian bahasa Jepang JLPT berlangsung? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk ujian JLPT Bulan Juli atau Desember di Indonesia. Salah satu hal yang penting adalah kartu ujian.

Hal yang harus dibawa saat ujian JLPT

Apakah Ujian JLPT itu?

Sedikit info, JLPT adalah singkatan dari Japanese Language Prificiency Test, atau biar lebih gampang, kamu bisa mengenalnya dengan ujian TOEFL, tapi khusus bahasa Jepang. 

Ujian JLPT terdiri dari level JLPT NI, JLPT N2, JLPT N3, JLPT N4, dan JLPT N5. N1 merupakan level tertinggi ujian bahasa Jepang.

Kapan dilaksanakan?

Jadwal tes JLPT di Indonesia dan negara lain sama. Ujian bahasa Jepang dilaksanakan setiap bulan Juli dan Desember ditiap tahunnya. Tapi ingat, pendaftaran ujian dilakukan 2 bulan sebelumnya. Jadi kamu harus selalu check JLPT online dengan cara Login di  JLPT Indonesia nya. Untuk JLPT result, kamu juga bisa klik JLPT Indonesia Bagi yang ingin informasi JLPT di luar negeri atau ingin tahu JLPT Overseas online result (hasil online) bisa dicek di JLPT.

Ujian JLPT biasanya diadakan di hari minggu, minggu pertama di bulan Juli dan Desember. Untuk tahun JLPT Indonesia 2019 tanggal 1 Desember, ya.

Pendaftaran JLPT 2019 di Indonesia

Berapa biaya ikut ujian bahasa Jepang JLPT?

Untuk biaya JLPT, tergantung dari level yang kamu pilih. Semakin besar level yang dipilih, maka akan semakin mahal. Biaya antara 100 ribu sampai 200 ribu rupiah. Masih hemat lho jika ujiannya di Indonesia. Jika di Jepang, biaya yang harus dikeluarkan 5500 yen atau sekitar 600 ribuan.

Dimana tempat ujiannya?

Tempat ujian tergantung keinginan kamu saat mendaftar. Jika kamu berada di Bandung, maka alangkah lebih baiknya memilih tempat tes di area Bandung. Bagi yang ada di wilayah Jabodetabek, maka silahkan daftar di area Jakarta.

Bagaimana cara daftarnya?

Kamu bisa daftar di website langsung atau ke kampus yang ada prodi bahasa Jepang. Sekarang sih sepertinya serba online, tapi jika kamu tanya ke prodi bahasa Jepang di kampus tertentu, kamu bisa dapat info langsung.

Siapa yang bisa ikutan?

Siapapun bisa ikutan ujian JLPT. Tua - muda, besar - kecil, bisa bahasa Jepang -  nggak bisa bahasa Jepang. Aku sarankan, kamu mengikuti ujian JLPT sesuai kemampuanmu. Kenapa? Kan sayang jika harus ikut JLPT, tapi kemampuan nggak sesuai. Kesannya buang buang duit.

Lalu, jika kita telah daftar dan mendapatkan semua informasi, hal apa lagi yang perlu diperhatikan atau dibawa saat ujian?

Sebelum ujian, alangkah baiknya kamu mempersiapkan pembelajaran bahasa Jepang dengan baik. Kamu bisa belajar mandiri atau di tempat les terdekat. Jika ingin buku referensi bahasa Jepang yang cukup bagus, kamu bisa beli buku Minna no Nihongo dan Soumatome.

Baiklah, tanpa basa basi lagi, inilah hal yang harus dibawa saat ujian JLPT:

1. Kartu Peserta Ujian

Kamu bisa mendapatkannya jika telah mendaftar di website. Kamu download file pdfnya dan print data tersebut. Sebagai data cadangan, kamu bisa foto file nya atau simpan file di handphone.

2. Kartu Tanda Pengenal

Kamu bawa KTP, SIM dan Pasport siapa tahu kamu lupa bawa kartu peserta dan panitia bisa mengecek dari identitasmu. Aku juga pernah melakukannya saat di Jepang. Panitia langsung mengecek pasport yang aku punya karena aku tidak membawa kartu ujian.

3. Tata Tertib Ujian

Maksudnya kamu harus tahu tentang tata tertib ujian ya. Misalnya ujian dimulai jam 09.30-13.30, tapi kamu harus datang 30 menit sebelumnya. Lalu jika kamu datang pas bagian choukai, maka otomatis kamu gagal, dll. Jika telah mengerti tata tertibnya, kamu bisa lebih tenang saat ke tempat ujian.

4. Denah Lokasi

Usahakan kamu mengecek denah lokasi sehari sebelumnya jika belum tahu tempat dan area yang akan lalui. Usahakan maksimal 30 menit sudah ada di tempat ujian. Kenapa? Karena jika kamu grasa grusu alias buru buru, maka ujian nggak tenang dan pasti jadinya bikin bete. Untuk denah, jangan khawatir ada di file download dibawah ya.

5. Peta Lokasi Ujian

Hampir sama dengan denah. Denah lebih detail misalnya kelas apa dan di wilayah mana. Jika peta lokasi masih di Jakarta Timur, bla bla. Perhatikan baik baik ya lokasinya.

Catatan penting yang harus diperhatikan selama dan akan ujian:

1. Dilarang merokok

Jika ingin merokok, kamu harus berda jauh di wilayah kampus atau ke tempat khusus merokok.

2. Pakaian sopan

Usahakan menggunakan sepatu dan baju rapi, ya. Nggak kayak salesman juga, sih.

3. Jaga kebersihan

Kita akan menjadi tamu di sekolah atau kampus tertentu, jadi jaga kebersihan dan keindahannya.

4. Hasil ujian

Hasil ujian diambil sendiri di Persada (Jakarta) dengan membawa kartu ujian atau hasil ujian.

5. Hasil ujian akan diumumkan pada bulan Maret 2020

Selalu simpan nomor ujian, kartu ujian dan pasword karena akan dibutuhkan saat pengambilan sertifikat hasil ujian JLPT.

Saat ujian, apa yang harus dipersiapkan?

1. Kartu Ujian dibawa

Print kartu ujian berwarna dan simpan di atas meja ujian.

2. Alat tulis wajib

Siapkan pensil 2B/HB, rautan dan penghapus. Sisanya dilarang disimpan diatas meja ujian.

3. Teliti saat pengisian lembar jawaban

Gunakan pensil yang sesuai untuk pengechekkan komputer, isi dengan bulat dan jangan sekali kali mengisi dengan pulpen.

4. Handphone dimatikan

Ketika akan ujian, gunakan mode airplane, atau jika perlu matikan handphone selama ujian.

Semoga dengan beberapa tips yang aku berikan dan sesuai dengan ketentuan panitia JLPT, kamu akan sukses ketika ujian bahasa Jepang JLPT nanti di beberapa wilayah di Indonesia.

Minna, ganbatte!

Jika ingin data detail tentang kelengkapan ujian JLPT, bisa download data berikut.

Kelengkapan Ujian JLPT

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Hal yang harus dibawa saat ujian JLPT"

Berlangganan via Email