Widget HTML Atas

10 Situs untuk membangun karir

Interpretergadungan - Beberapa hari ini cukup banyak berseliweran data data yang berguna saat baca timeline facebook. Salah satu yang membuatku tertarik lebih jauh menguliknya adalah dari seorang senior business operations analyst yang bernama Tunde Omotoye yang memposting 10 situs untuk membangun karir.

10 Situs untuk membangun karir

Cita citamu boleh apa aja, tapi yang pasti harus berguna untuk diri sendiri dan orang lain, ya. Karena cita citamu bisa jadi menjadi alat agar kamu bisa survive atau bahkan membuat orang lain bahagia.

Jika merunut pada cita cita seseorang, pasti ujungnya adalah tentang pekerjaan. Pekerjaanmu boleh apa aja lho. Freelance yang waktunya bebas, ok. Ingin menjadi abdi negara sperti ASN, boleh. Menjadi pemilik usaha, boleh banget. Bekerja di perusahaan top dunia, silahkan. Bagi yang nggak bekerja tapi mengharapkan bahagia dengan ongkang ongkang, jangan ya. Jadilah manusia produktif, karena kamu akan seperti air. Jika kamu mandek, maka air akan butek alias kotor, tapi kalo kamu seperti air yang mengalir, maka meskipun kotor, maka kamu juga bisa memperoleh kesempatan dengan mengalir lebih cepat, atau justru akan mendapatkan air bersih dan jernih selama perjalanan.

Baca Juga: Interpreter bahasa Jepang harus bisa bahasa Inggris

Kenapa harus membangun karir?

Jika kamu ingin membangun karir yang bagus dan rapi, maka kamu juga harus mempunyai segudang kemampuan atau skill mumpuni yang bisa ditawarkan pada orang lain. Skill ini bisa aja tentang diri kamu sendiri secara brain, atau juga secara sosial. 

Ada orang orang yang kemampuannya lebih condong pada brain yang selalu bagus dalam hal akademik. Misal dia jago coding, jago komputer, jago hack, dll. Tapi bagi kamu yang bagus kemampuannya dalam hal sosial, itu juga nggak kalah keren kok. Kamu jago berkomunikasi, jago menjaga relasi, jago mencari client, dan kemampuan sosial lain yang hebat. Semuanya akan sangat membantu karirmu nanti.

Salah satu cara agar kemampuanmu meningkat adalah:

1. Cari nilai positif dalam dirimu

Ketika kamu banyak menemukan hal postif di dalam diri, maka akan menambah rasa percaya diri. Ingat, bukan sombong ya, tapi menambah percaya diri. Seseorang yang percaya diri akan lebih disukai siapapun.

2. Menambah kemampuan

Jika saat ini kamu hanya jago dalam hal akademik, maka kamu juga setidaknya belajar untuk belajar hal lain agar lebih berkembang. Misal belajar cara menjadi akuntan, cara belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang atau Korea. Bahasa apapun ok kok, yang penting kamu suka. Hal ini akan menambah kemampuan dalam diri.

3. Make a good small habit 

Buatlah kebiasaan kecil yang bermanfaat dan lakukan secara kontinyu, maka hal ini akan berdampak positif kedepannya. Bahkan karakater bisa juga terbentuk dari kegiatan yang berulang ulang dalam dirimu, lho.

4. Keluar dari zona nyaman

Meskipun sulit dan susah, terkadang ketika kamu ingin menambah kemampuan, maka kamu akan dipaksa untuk keluar dari zona nyaman. Sangat sulit, tapi ketika kamu bisa melampauinya, maka hasilnya akan luar biasa bagus untuk dirimu.

Baca Juga: Gaji freelance guru bahasa Jepang

Situs yang disarakan oleh Tunde Omotoye tersebut:

1. LinkedIn

Situs satu ini memang sudah terkenal. Kamu bisa mencari siapapun dengan masuk di situs atau portal ini. 

10 Situs untuk membangun karir

Lowongan pekerjaan, identitas seseorang, kemampuan seseorang, dll. bisa kamu dapatkan dengan browsing di situs ini. Bahkan bebeberapa lembaga pencari kerja juga menginformasikan lowongannya di Linkedin.

Secara pribadi, aku juga suka linkedin karena aku bisa mencari informasi apapun terkait pekerjaan disini.

2. Indeed

Kamu bisa mencari berbagai macam jenis pekerjaan. Bahkan, kamu juga bisa memilih lokasi pekerjaannya. Asyik banget kan? Sangat praktis sekali.

10 Situs untuk membangun karir

3. Careerealism

Meskipun berupa twitter, banyak sekali informasi berguna yang bisa kamu dapatkan. Salah satu contohnya adalah 6 hal yang tidak boleh kamu katakan saat interview, dll.

10 Situs untuk membangun karir

4. Job-hunt.org

Hampir mirip dengan Careerealism, Job hunt juga berisi artikel yang sangat berguna untuk membangun kemampuan dan juga tips trik saat bekerja atau ketika akan interview.

5. JobBait

Ketika aku mencari job bait, nggak tahu kenapa susah untuk dicari. Yang keluar malahan bayt.com yang katanya sih situs pencari kerja juga tapi di middle east. Tertarik?

Baca Juga: Wawancara PT OS Selnajaya Indonesia Lippo Cikarang

6. Careercloud

Situs ini sangat berguna buatmu karena isinya bukan hanya tips trik mendapatkan pekerjaan idaman, tapi juga ada podcastnya. Jadi bagi yang tidak ada waktu untuk membaca, bisa mendengarkan podcastnya. Bahkan ada juga career testing.

7. GM4JH

Namanya agak aneh sih, tapi percayalah, isinya sangat bagus dan berguna untuk kemajuan karirmu kedepan. Isinya bukan hanya job searching, resume bagus, dll, tapi juga terkait survival guide saat pandemi corona ini. Kamu pasti ingin mengetahui pekerjaan yang bagus dan tetap stabil, meskipun pandemi corona sedang merajalela.

8. Personal Branding Blog

Isinya tentu saja tentang blog dan pekerjaannya. Tapi, lebih khusus tentang blogmu agar bisa menghasilkan uang atau membuat brand dirimu semakin kece dimata orang lain. Mungkin kayak aku membuat blog fujiharu.com kali ya. Hehehehe. Soalnya blog fujiharu seperti personal branding aku. Jika mereka ingin tahu, aku seperti apa, bisa sedikit mengintip fujiharu.com.

10 Situs untuk membangun karir

9. Jibberjobber

Aku nggak menyarankan, soalnya membuka blognya aja cukup lama.

10. Neighbors Helping Neighbors

Sesuai judulnya, meskipun terkait dengan pekerjaan, tapi lebih kearah sosial. Jadi siapkan dirimu dengan bersedekah waktu, uang atau tenaga bagi yang memerlukan. Voluntir!

Itu semua adalah 10 situs yang disarankan seorang senior business operations analyst Tunde Omotoye.

Tapi karena hampir semuanya lebih banyak job di luar negeri, kamu bisa cari saat kamu terarik dan ingin melihat persepsi dari sudut pandang lain atau tertarik bekerja di luar negeri. 

Lalu bagaimana jika ingin mencari pekerjaan di situs situs yang hampir sebagian besar ada di Indonesia? 

Kamu bisa cari di beberapa situs berikut ini.

1. JAC 

Pencari kerja yang mencari kandidat dengan background bahasa Jepang (kebanyakan)

Baca Juga: Pengalaman bekerja di perusahaan Jepang dibantu JAC Indonesia

2. Selnajaya

Hampir sama dengan JAC. Kamu bisa datang ke Selnajaya untuk interview atau tes disana. Aku beberapa kali datang ke Selnajaya pusat di Sudirman.

3. JobsDB

4. Jobstreet

5. Monster.co.id

6. Jobs.id

7. Karir.com

8. Jobindo.com

Baca Juga: Penyalur tenaga kerja di perusahaan Jepang

Sebenarnya masih ada banyak lainnya. Itu hanya sekedar referensi untukmu. Semoga sukses dan karirmu bisa melambung tinggi dan membuatmu bahagia. Jangan lupa, orang sekitarmu juga berhak bahagia ya.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "10 Situs untuk membangun karir"

Berlangganan via Email